Rapat Kerja Program Studi Pendidikan Matematika 2024/2025
Yogyakarta Jumat, 13 September 2024. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD mengadakan rapat kerja Tahun 2024-2025 persiapan untuk menyongsong perkuliahan di Grand Rohan Jogja. Rapat tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D. dan seluruh Dosen Program Studi Pendidikan Matematika. Rapat ini berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan pencapaian tujuan yang berlandaskan pada visi FKIP UAD yaitu unggul, inovatif, dan islami dalam pengembangan ilmu pendidikan dan pembelajaran untuk kepentingan bangsa dan umat manusia.
Baca juga: PTM Susun Kurikulum Matematika Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
Isi kegiatan
Dalam kegiatan ini berbagai agenda di bahas yaitu Pengantar Pemutakhiran RPS Gasal, Workshop RPS, Pembagian PIC Kerja Prodi, dan Strategi untuk mahasiswa baru tahun akademik 2025/2026. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan kelancaran dan meningkatkan kegiatan Program Studi Pendidikan Matematika UAD kedepannya.
Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester (RPS) merupakan proses penyempurnaan dokumen pembelajaran yang di lakukan setiap semester. Tujuannya adalah menyelaraskan materi ajar dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan industri. Sehingga, fokus pemutakhiran untuk tahun akademik 2024/2025 adalah integrasi teknologi digital, pembelajaran aktif, dan metode asesmen yang relevan.
Workshop RPS adalah kegiatan pelatihan bagi dosen untuk menyusun dan memutakhirkan RPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kemudian workshop akan menitikberatkan pada inovasi pembelajaran berbasis teknologi, kolaboratif, dan interaktif guna meningkatkan efektivitas pengajaran serta keterlibatan mahasiswa.
Setiap program studi membagi tanggung jawab kepada dosen dan staf sebagai PIC (Person In Charge). Adapun pembagian bidang seperti pengembangan kurikulum, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan mahasiswa. Pembagian ini bertujuan untuk memastikan pengelolaan Prodi berjalan efektif dan terkoordinasi.
Kesimpulan
Dengan kerja sama yang solid antara dosen, mahasiswa, dan staf akademik dapat mewujudkan visi besar FKIP UAD dengan perencanaan yang matang dan sistematis. Sehingga dukungan ini dapat berlangsung secara optimal dan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas. Dengan demikian, rapat kerja ini di harapkan dapat membawa kemajuan signifikan bagi seluruh civitas akademika Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD.
fatim dan siska