Profil Lulusan 1

Pendidik matematika yang berkarakter Islami baik secara personal maupun sosial, serta menguasai dan terampil menerapkan ilmu pendidikan matematika terkini.

Seorang Pendidik Matematika di level KKNI membutuhkan integrasi yang holistik antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang luas untuk melaksanakan tugasnya secara efektif. Berikut adalah deskripsi ruang lingkup pekerjaan yang mencakup aspek-aspek tersebut:

  1. Memiliki Pengetahuan Matematika yang Mendalam: Memiliki pemahaman yang kuat dan mendalam dalam berbagai konsep matematika mulai dari dasar hingga tingkat lanjutan. Mengetahui aplikasi matematika dalam konteks kehidupan nyata serta kemampuan untuk menjelaskan dengan jelas kepada berbagai tingkatan pemahaman siswa.
  2. Memiliki Keterampilan Mengajar yang Beragam: Mampu merancang dan menyampaikan pembelajaran matematika yang inovatif, memotivasi, dan sesuai dengan kebutuhan beragam peserta didik. Menggunakan metode pengajaran yang cocok dengan perkembangan peserta didik dan memfasilitasi pembelajaran yang interaktif.
  3. Mampu Menggunakan Teknologi dalam Pengajaran Matematika: Memahami dan mampu mengintegrasikan teknologi terkini dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa, seperti penggunaan perangkat lunak matematika, aplikasi, atau perangkat teknologi lainnya.
  4. Memiliki Keterampilan Berpikir Kritis: Memiliki kemampuan untuk mendorong siswa berpikir kritis, menganalisis masalah matematika, dan menemukan solusi yang tepat. Mengajarkan cara berpikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan permasalahan
  5. Mampu Pengembangan Sikap Positif terhadap Matematika: Mendorong siswa untuk memiliki sikap positif terhadap matematika, seperti rasa percaya diri (self confidence), ketekunan (persistence), ketelitian (rigorous), dan kejujuran (integrity) dalam memecahkan masalah
  6. Aktif dalam Keterlibatan dalam Pengembangan Kurikulum: Terlibat aktif dalam pengembangan kurikulum matematika yang relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta
  7. Mampu Kolaborasi bersama dengan Stakeholder Pendidikan: Berinteraksi secara efektif dengan berbagai pihak terkait, seperti sesama pendidik, orang tua, dan komunitas, untuk meningkatkan pembelajaran matematika.

Integrasi pengetahuan, keterampilan, dan sikap ini merupakan landasan bagi seorang Pendidik Matematika di level KKNI untuk dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam pembelajaran dan pengembangan potensi matematika siswa.

Profil Lulusan 2

Mathematics edupreneur and content creator yang berkarakter Islami, mampu menghasilkan karya/usaha yang kreatif- inovatif, dan mampu bekerja secara profesional.

Mathematics Edupreneur dan Content Creator yang berkarakter Islami sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) memiliki karakteristik yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terintegrasi. Berikut adalah deskripsi profil lulusan yang sesuai dengan kriteria tersebut:

  1. Memiliki Pengetahuan Matematika yang Mendalam: Memiliki pemahaman yang kuat dalam bidang matematika dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep-konsep matematika secara kreatif dalam konteks edukasi dan kewirausahaan.
  2. Memiliki Keterampilan Berwirausaha bidang pendidikan (Edupreneurship): Mampu mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam pendidikan matematika yang berbasis pada nilai- nilai Memiliki keterampilan manajemen dan strategi untuk mendirikan dan mengelola usaha pendidikan matematika dengan fokus pada karakter Islami
  3. Memiliki Kemampuan Kreatif dalam Pembuatan Konten: Mampu menciptakan konten edukasi matematika yang menarik, informatif, dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islami. Memiliki keterampilan dalam menggunakan berbagai media dan platform digital untuk menyampaikan informasi dan pembelajaran matematika yang
  4. Memiliki Penguasaan Teknologi dan Media Digital: Mahir menggunakan teknologi terkini, perangkat lunak, dan platform media sosial untuk menyebarkan konten edukasi matematika secara efektif kepada audiens yang luas.
  5. Mampu Mengembangkan Sikap Profesional dan Etika Kerja: Memiliki integritas tinggi, bertanggung jawab, dan mampu bekerja secara profesional dalam lingkungan kerja. Memiliki sikap etis dalam menyajikan informasi matematika dengan nilai- nilai Islami.
  6. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi dan Kolaborasi: Memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan berbagai pihak terkait, seperti komunitas pendidikan, pelaku bisnis, dan audiens. Mampu berkolaborasi dalam tim untuk menghasilkan karya yang lebih baik.
  7. Memiliki Sikap Kreatif dan Inovatif: Memiliki jiwa kreatif yang terus-menerus berinovasi dalam menyajikan konsep matematika dengan pendekatan yang menarik dan sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Profil lulusan ini diarahkan untuk menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan matematika yang menggabungkan aspek kreativitas, inovasi, nilai-nilai Islam, dan profesionalisme dalam menciptakan konten edukatif bidang matematika yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Kampus IV (Kampus Utama)
Gedung Utama, Lantai 7

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : +6281-1250-0800
Faximille : 0274-564604
Email : prodi(at)pmat.uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960