PROFIL LULUSAN


 

CALON PENDIDIK MATEMATIKA
Profil utama lulusan program studi S1 Pendidikan Matematika adalah Calon Pendidik Matematika. Definisi operasional pendidik matematika diadaptasi dari definisi pendidik berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran matematika, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

 

ASISTEN PENELITI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Definisi operasional asisten peneliti pendidikan matematika diadaptasi dari istilah penelitian dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu orang yang membantu melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yg dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum (KBBI, 2012).

 

WIRAUSAHAWAN
Definisi operasional wirausahawan diadaptasi dari istilah wiraswasta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu orang yang menjalankan usaha sendiri dan memiliki kompetensi mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

 

EDUCATIONAL LEADER
Definisi operasional educational leader adalah orang yang memimpin suatu institusi pendidikan, baik negeri maupun swasta. Kepemimpinan pendidikan didefinisikan sebagai suatu upaya mengarahkan bakat dan energi para guru, siswa, dan orang tua (stakeholders) untuk bersama-sama mencapai tujuan pendidikan.

KEUNGGULAN


Keunggulan lulusan prodi Pendidikan Matematika FKIP UAD adalah lulusan memiliki:

  1. Karakter Islami dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Keterampilan dalam membelajarkan matematika dengan mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran matematika baik media manipulatif maupun media berbasis teknologi informasi.
  3. Penguasaan materi matematika sekolah yang unggul.
  4. Kemampuan berwirausaha yang handal.
  5. Kepemimpinan pendidikan yang memadai.