Alat Peraga Pendidikan Matematika
Laboratorium Pendidikan Matematika melalui salah satu layanannya yaitu Ruang Alat Peraga Matematika menyediakan berbagai macam alat peraga yang bisa digunakan untuk pembelajaran matematika di kelas. beberapa alat peraga matematika merupakan hasil karya mahasiswa pendidikan matematika, sebagai salah satu kewajiban mata kuliah pengembangan media pendidikan. alat peraga yang disediakan antara lain adalah sebagai berikut:
a. Paket Peraga Matematika 1 yang terdiri dari: 1. Model Kubus Masif 2. Model Balok Masif 3. Model Prisma Masif 4. Model Limas Masif 5. Model Kubus Transparant 6. Model Balok Transparant 7. Model Prisma Transparant 8. Model Limas Transparant 9. Model Kerucut Transparant 10. Chart Fungsi Trigonometri (2/set) 11. Trigmaster 12. Dadu Muka Enam 13. Chart Fungsi Kwadrat.
b. Paket Peraga Matematika 2 yang terdiri dari: 1. Jurusan Tiga Angka 2. Kilometer 3. Pencerminan 4. Model Jam 5. Phytagoras I 6. Phytagoras II 7. Pengubingan 8. Pantograph 9. Balok Logika 10. Chart Himpunan 11. Ruang Bangun – Model Kubus MasifBalok Transparant – Model Kubus Kerangka – Model Balok Kerangka
c. Paket Peraga Matematika 3 yang terdiri dari: 1. Operasi Hitung 2. Model Isi 3. Jurusan Tiga Angka 4. Chart Himpunan 5. Model Pecahan 6. Model Luas 7. Lingkaran peraga pecahan 8. Neraca aritmatika 9. Mistar Hitung “B” 10. Sumbu Simetri 11. Blok simetri setengah putaran 12. Dekak-dekak 13. Lempeng pusingan 14. Pola Sudut
d. Paket Peraga Matematika 4 yang terdiri dari: 1. Pembuat parabola 2. Kubus & Tiga limas segi empat kongruen 3. Aneka Dadu 4. Mesin probabilitas 5. Isi kubus/balok dan perkalian tiga suku dua 6. Model segitiga dgn jumlah sudut-sudutnya 7. Chart grafik pemetaan 8. Chart Theorem Phytagoras 9. Chart pengantar Statistika 10. Chart grafik dan jarak 11. Chart unsur-unsur lingkaran. Chart sudut pusat dan dusut lingkaran 13. Chart garis singgung lingkaran 14. Chart segitiga sebangun 15. Kubus aneka warna 16. Papan koordinat 17. Model jam 18. Luas & kuadrat suku dua 19. Luas & perkalian suku dua 20. Isi kubus/balok & perkalian 3 suku kata 21. Evelop suatu parabola 22. Pembagian 3 sudut 23. theorema phytagoras 24. Segitiga pembentuk jajaran genjang 25. Segitiga pembentuk persegi panjang 26. Segitiga pembentuk belah ketupat 27. Segitiga pembentuk trapesim 28. Segitiga pembentuk laying-layang 29. Kumpulan bangun datar 30. Lingkaran penentu phi 31. Bentangan luas lingkaran 32. Unsur-2 kubus 33. Bentangan kubus 34. Irisan bidang dgn kubus 35. Kumpulan bangun datar yang sebangun 36. Pelukis ellips
e. Software win geom, merupakan program aplikasi komputer yang dirancang untuk mendukung pembelajaran geometri).
f. Software win plot, merupakan program aplikasi _omputer yang dirancang untuk menggambar grafik fungsi yang lengkap dengan sumbu-sumbu koordinatnya
g. Software Sudoku, merupakan Number Place atau Nanpure, adalah sejenis teka-teki logika
h. Software Math Educator, merupakan software yang berguna untuk anak dalam mengerjakan operasi-operasi matematika dasar dan melatih anak untuk membiasakan diri dengan kalimat-kalimat berbahasa Inggris
i. A+ Math Mat, merupakan game matematika yang bertujuan melatih dan memberi tantangan Yang bagus dari game ini adalah anak harus mencari dua angka yang akan menghasilkan satu jawaban
j. MATH Flash, merupakan Game Flash Card Matematika yang melatih kecakapan berhitung penjumlahan , pengurangan, perkalian dan pembagian . Dengan maksimum bilangan 999 dan anak bebas menentukan range bilangan yang akan di hitung.Ditambah adanya sound yang menunjukkan benar tidaknya jawaban, akan sangat menyenangkan menggunakan game matematika ini
Comments are closed.