Workshop Lesson Study Pendidikan MIPA FKIP UAD
Pada hari ini, sabtu tanggal 27 Shafar 1433 / 21 Januari 2012 di ruang serba guna gedung D kampus 3 UAD, dilaksanakan workshop Lesson Studi untuk para dosen-dosen Pendidikan MIPA FKIP UAD, termasuk Pendidikan Matematika, dengan tema Peningkatan Mutu Perkuliahan pada Perguruan Tinggi Melalui Lesson Study. Penyelenggara workshop ini adalah Tim Pengembang Hibah Lesson Study JPMIPA UAD, sebagai bentuk sosialisasi hibah lesson study yang telah diterima JPMIPA UAD. Acara ini mengadirkan Drs. Sukirman M. Pd sebagai pemateri tentang Lesson Study. Beliau merupakan pakar dari bidang lesson srudi dan dosen pendidikan matematika UNY.
Lesson study sebagai suatu model pembinaan profesi pendiidk melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip prinsip kolegialitas yang saling membantu dalam belajar untuk membangun komunitas belajar. Ide yang terkandung dalam Lesson study sebernarnya singkat dan sederhana, yakni jika seorang guru ingin meningkatkan proses pembelajaran, salah satu yang paling jelas adalah melakukan kolaborasi dengan guru lain untuk merancang (PLAN), melaksanakan (DO), mengamati dan melakukan refleksi (SEE) terhadap pembelajaran yang dilakukan. Tujuh (7) kunci utama dalam pelaksanaan Lesson Study yaitu: pembinaan profesi, pengkajian pembelajaran, kolaboratif, berkelanjutan, kolegialitas, mutual learning, dan komunitas belajar.
Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa harus mengembangkan praktek pembelajaran Lesson Study di Perguruan Tinggi (PT):
1. Lesson study merupakan cara efektif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
2. Lesson Study akan menghasilkan dosen yang profesional dan inovatif.
3.meningkatkan kolaborasi sesama pendidik dalam pembelajaran.
4. Meningkatkan ketrampilan menulis karya tulis ilmiah atau buku ajar.
5. Pendidik memiliki kesempatan untuk membuat bermakna ide ide pendidikan dalam praktik pembelajaran sehingga dapat mengubah perspektif tentang pembelajaran, dan belajar praktik pembelajaran dari perspektif mahasiswa.
Dan masih banyak keunggulan keunggulan lain dalam penerapan Lesson Study dalam pembelajaran di perguruan Tinggi.
*@syariful_fahmi