YOGYAKARTA – Dalam rangka menyiapkan lulusan yang siap kerja dan mendukung kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD menyelenggarakan Program virtual and non-virtual internship atau lazim disebut dengan kegiatan magang mahasiswa pada mitra usaha non sekolah. Program ini dimaksudkan agar para mahasiswa memiliki pengalaman dalam mengenal kultur dunia kerja non-sekolah dan juga memperoleh pengalaman bekerja di dunia kerja non-sekolah. Adapun para mitra usaha non sekolah yang bekerja sama dalam kegiatan program ini adalah Lembaga bimbingan belajar Neutron, Percetakan buku UAD Press, dan perusahaan pembuatan media pembelajaran CV. Moon or Star (MoS) Media. 

Dalam pelaksanaan program ini, para mahasiswa diminta untuk melakukan kegiatan magang untuk bekerja di tempat mitra selama 25 hari. Kaprodi Pendidikan Matematika Ibu Uswatun Khasanah, M.Sc  bertutur “beberapa poin penting dari kegiatan magang ini diantaranya mahasiswa mengetahui kultur kerja di dunia kerja non-sekolah dan memiliki pengalaman dalam bekerja di dunia kerja non-sekolah”. Program kegiatan ini merupakan rintisan awal sehingga mahasiswa yang diterjunkan ke mitra usaha sebanyak 15 mahasiswa yang berasal dari semester 3, 5 dan 7 pada tahun ajaran 2021/2022. Mahasiswa yang diterjunkan di Neutron sebanyak 4 mahasiswa, UAD press sebanyak 5 mahasiswa sementara 6 mahasiswa diterjunkan di CV. Moon Or Star Media. Kelimabelas mahasiswa tersebut akan mendapatkan rekognisi mata kuliah sebanyak 7 sks dan/atau SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

Penerjunan mahasiswa program virtual and non-virtual internship ke para mitra usaha dilaksanakan dalam tiga waktu berbeda. Penerjunan mahasiswa di UAD Press  dilaksanakan pada tanggal 22 September 2021  yang dihadiri oleh Bapak Hatib Rahmawan, S.Pd., S.Th. I., M.Ag. selaku pimpinan UAD Press. Beliau bertutur “kegiatan ini dapat mengenalkan mahasiswa mengenai proses publikasi suatu buku mulai dari menseleksi, pengajuan isbn, menyunting, editing naskah sampe pada marketing baik digital maupun manual”. Nantinya saat mahasiswa magang bekerja di UAD Press mahasiswa akan mengetahui perbedaan antara teori dan praktek serta dinamika pada usaha dibidang percetakan, ujarnya. 

Sementara pada tanggal 24 September 2021, sebanyak 6 mahasiswa diterjunkan di mitra usaha CV. Moon or Star (MoS) media, yang juga dihadiri oleh wakil pimpinan dari MoS Media Ibu Siti Muthi’ah Rachman. Kegiatan ini relevan dengan dunia kerja dan  kondisi pandemi saat ini yang membutuhkan pembuatan media di era teknologi  dan kami mendukung sepenuhnya untuk kegiatan magang ini, tutur Ibu Siti Muthi’ah. 

Di Akhir bulan September, mahasiswa yang mengikuti program  virtual and non-virtual internship di mitra usaha Neutron diterjunkan pada tanggal 27 September 2021 dengan dihadiri oleh  Drs. H. Pujianto selaku Humas Neutron, Bagian Pendidkan bapak Slamet Raharjo, S.Pd.I, dan Drs. H.Prajudi selaku Manajer New Neutron. Kegiatan ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan mengenai teori pembelajaran, strategi mengajar pada bimbingan belajar saat kalian duduk di bangku perkuliahan tutur Drs. H. Pujianto. Selain itu saat kalian bisa mengajar siswa-siswa bimbingan belajar dengan memuaskan maka bisa dipastikan kalian dapat mengajar ketika kalian menjadi guru di sekolah, ujarnya. Ketiga penerjunan mahasiswa di masing-masing mitra usaha langsung dilakukan oleh Kaprodi Pendidikan Matematika UAD yaitu ibu Uswatun Khasanah, M.Sc. Kegiatan ini berlangsung selama 25 (dua puluh lima) hari kerja baik secara daring maupun luring, di bawah bimbingan para mentor lapangan. Kegiatan ini, diakhiri dengan proses penarikan dan penandatanganan Surat perjanjian Kerjasama. Penarikan mahasiswa dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 untuk mitra Cv. Moon or Star dan Lembaga Bimbingan belajar Neutron. Sedangkan untuk mitra UAD Press dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2021. Pada acara penarikan tersebut seperti halnya pada penerjunan langsung dihadiri oleh para pimpinan mitra. Penandatanganan Surat perjanjian Kerjasama, dilaksanakan pada tanggal 20 november 2021 dengan dihadiri oleh ibu dekan FKIP UAD, Dr. Trikinasih Handayani, M.Si. dan perwakilan dari para mitra.