Mengenal Lebih Dekat
Di dunia yang dipenuhi oleh hasil penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), melek terhadap IPTEK menjadi penting untuk setiap orang. Setiap orang membutuhkan informasi berbasis IPTEK untuk melakukan pilihan terhadap keperluan hidup. Setiap orang perlu memiliki kecerdasan untuk mengikuti wacana ilmiah dan perbincangan isu-isu penting yang meliputi sains dan teknologi. Oleh kerena membentuk masyarakat yang melek IPTEK menuju masyarakat maju menjadi suatu kaharusan.
Pendidikan matematika sebagai salah satu unsur pendidikan sains memiliki tanggung jawab yang besar dalam membentuk masyarakat melek IPTEK. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memiliki komitmen untuk mendidik calon guru Matematika yang responsif dan punya tanggung jawab moral serta intelektual dalam membentuk masyarakat melek IPTEK yang demokratis. Prodi Pendidikan Matematika UAD berkeyakinan bahwa masyarakat yang dimaksud dapat dibentuk melalui penyiapan guru matematika yang berkualitas, yaitu guru yang memiliki landasan keilmuan matematika dan pendidikan, serta memiliki integritas intelektual dan moral Islami yang kuat. Kualitas calon guru yang dihasilkan melalui program studi pendidikan matematika akan terjamin melalui rumusan visi, misi, tujuan pendidikan, basis pengetahuan, dan kompetensi lulusan yang terbakukan.
Kekuatan yang ada pada Program Studi Pendidikan matematika adalah kesesuaian visi dan misi dengan kebutuhan perkembangan IPTEK dan pembangunan bangsa di sektor pendidikan, dan keberadaan program studi ini di bawah payung persyarikatan Muhammadiyah dengan amal usaha pendidikan yang sangat kuat, minat masyarakat tinggi, sarana prasana pembelajaran mulai berbasis TIK, akses internet dilingkungan kampus mudah. Peluang yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan program studi adalah banyak tawaran hibah beasiswa studi lanjut, penelitian, pengabdian, dan pengembangan laboratorium pendidikan. Ancaman munculnya sekolah-sekolah berstandar internasional, munculnya LPTK lain yang membuka prodi kelas berstandar internasional, pesatnya perkembangan TIK. Kelemahan yang ada pada program studi adalah kurangnya kualitas masukan karena keketatan seleksi mahasiswa baru masih sangat rendah, kemampuan penggunakan TIK dosen masih rendah, kemampuan bahasa Inggris dosen masih rendah.
Untuk penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika perlu dikembangkan jaringan kerjasama dengan sekolah-sekolah baik di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah maupun dengan sekolah-sekolah negeri untuk lebih mengenalkan matematika sebagai bidang ilmu yang penting untuk kemajuan IPTEK dan pembangunan dan mengenalkan keunggulan proses dan mutu lulusan Program Studi Pendidikan Matematika kepada para siswa sebagai calon mahasiswa. Dengan langkah ini diharapkan mendongkrak minat calon mahasiswa baru, yang pada gilirannya dapat meningkatkan jumlah dan keketatan seleksi calon mahasiswa baru. Selain itu perlu peningkatan pencarian dana di luar institusi dengan menawarkan keunggulan komparatif dan kompetetif yang dimiliki dan yang akan dikembangkan untuk mempercepat pengadaan sarana atau perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk pencapaian keunggulan lulusan.