Mengejar Kebaruan Penelitian, Pendidikan Matematika UAD Menyelenggarakan Kuliah Umum Tren Penelitian dan Publikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yogyakarta – Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Kuliah Umum Tren Penelitian dan Publikasi, Sabtu (26/2), secara daring melalui siaran langsung pada kanal YouTube. Kegiatan yang menandai dimulainya semester genap 2021/2022 tersebut mengundang pakar Evaluasi Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Heri Retnawati dan pakar penulisan artikel ilmiah dari UAD, Dr. Rully Charitas Indra Prahmana.

Penelitian yang dilaksanakan mahasiswa program S1 saat ini mulai menunjukkan kejenuhan topik. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UAD, Uswatun Khasanah, menyampaikan bahwa mahasiswa perlu diberi wawasan terhadap tren penelitian yang relevan dengan tuntutan zaman saat ini agar mampu melahirkan ide-ide baru dalam penelitian.

Heri Retnawati dalam sesinya memaparkan bahwa diberlakukannya prototipe Kurikulum Merdeka dapat menjadi titik awal pengembangan ide penelitian pendidikan matematika. Menurut Heri, sebuah kurikulum baru pasti membutuhkan banyak kajian untuk melengkapinya, seperti diferensiasi pembelajaran, bahan ajar, kesiapan guru dan siswa, serta dukungan lingkungan belajar. Lebih jauh, pengembangan karakter pelajar Pancasila juga sangat potensial untuk dieksplorasi untuk membekali peserta didik berperan dalam menciptakan kondisi masyarakat dan negara yang aman, damai, dan sejahtera.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada sesi berikutnya, Rully Charitas mengungkapkan bahwa publikasi artikel ilmiah merupakan sarana menunjukkan eksistensi akademik seseorang. Dengan mempublikasikan karya ilmiah, selain sebagai syarat lulus kuliah, mahasiswa pun juga dapat memiliki rekam jejak yang baik dalam penelurusan di berbagai platfrom akademik, seperti Scopus, Orcid, dan Research Gate. Mengakhiri paparannya, Rully menegaskan bahwa mahasiswa program studi pendidikan matematika hendaknya memiliki determinasi yang kuat, baik untuk menembus publikasi pada jurnal bereputasi tinggi, maupun untuk mencapai cita-citanya.