Joint Seminar Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD dan UHAMKA
Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan menyambut rombongan dosen dan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka pada Selasa, 9 April 2019 yang dikemas dalam bentuk Joint Seminar atau seminar bersama. Acara dibuka oleh MC kegiatan, Anggit Prabowo, M.Pd. serta sambutan dari Kaprodi Pendidikan Matematika UAD, Uswatun Khasanah, M.Sc. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi MoU yang telah berjalan antara Pendidikan Matematika UAD dan UHAMKA. Hal ini dikuatkan oleh sambutan Kaprodi Pendidikan Matematika UHAMKA, Dr. Samsul Maarif, bahwa joint seminar ini sebagai bagian dari usaha untuk meningkatkan Pendidikan Matematika khususnya di Persyarikatan Muhammadiyah.
Acara Join seminar yang dimoderatori oleh Afit Istiandaru, M.Pd. bertema “Media Pembelajaran Matematika di Era Industri 4.0”. Narasumber pada seminar ini yaitu Dr. Samsul Maarif dengan topik Pembuktian Matematika dan Syariful Fahmi, M.Pd. dengan topik Media Pembelajaran untuk Mendukung Revolusi Industri 4.0. Dr. Samsul Maarif berpesan bahwa untuk mendapatkan kebaikan seluas-luasnya maka dua aspek yang harus diperhatikan yaitu aspek horisontal (panjang) dan aspek vertikal (lebar). Dalam hal ini maka aspek vertikal yaitu Hablun Minallah dan aspek horisontal yaitu Hablun Minannas. Sementara Syariful Fahmi, M.Pd. menyampaikan bahwa pendidikan matematika harus mengikuti perubahan zaman terutama di era revolusi industri 4.0. Belaiu menambahkan, sebagai usaha dalam menyongsong revolusi industri 4.0, Program Studi Pendidikan Matematika UAD telah melakukan berbagai perubahan seperti perkuliahan berbasis online dengan Moodle, Edmodo, ataupun Elearning. Pada sesi tanya jawab, peserta mahasiswa dari UAD maupun UHAMKA terlihat antusias memberikan pertanyaan kepada para narasumber. Seminar diakhiri dengan kesimpulan dari moderator bahwa kalau kita tidak terbuka dengan perubahan zaman maka kita akan tertinggal, seperti contohnya dalam hal kurikulum di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD maupun UHAMKA.
Kegiatan kunjungan ini kemudian diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. Abdul Taram, M.Si. Kegiatan selanjutnya sharing keprodian bersama antara dosen dari kedua instansi. (AH)