Guru SMP Negeri 5 Wates Ikuti Pelatihan Microsoft Mathematics
Yogyakarta – 8 Agustus 2019. Perkembangan ICT pada sektor pendidikan memberikan peluang baru, pengaruh baik dan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pada proses kegiatan belajar mengajar siswa termasuk pembelajaran matematika. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru sebagai pemegang sentral dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk itu mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme pedagogis guru dalam mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran merupakan upaya yang mutlak dilakukan.
Fokus utama program Pelatihan dan Pendampingan ini adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan baik secara teori maupun praktik dalam pengembangan pembelajaran matematika berbantuan Microsoft Mathematics yang bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan keterampilan guru matematika di SMP Negeri 5 Wates, Kabupaten Kulonprogo. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin sampai Selasa, tanggal 5-6 Agustus 2019, bertempat di laboratorium terpadu SMP Negeri 5 Wates, yang beralamat di Jl. Purworejo – Jogja No.KM.1,5, Tambak, Triharjo, Wates, Kabupaten Kulon Progo, dengan diikuti semua guru Matematika di SMP Negeri 5 Wates. Pemateri pelatihan ini adalah Dosen Pendidikan Matematika FKIP UAD yaitu, Dr. Burhanudin Arif Nurnugroho, M. Sc., dan Syariful Fahmi M. Pd.
Target khusus program Pelatihan dan Pendampingan ini yaitu perbaikan kualitas pembelajaran, peningkatan kompetensi pedagogik dan pengembangan profesionalisme guru matematika. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode Pelatihan dan Pendampingan secara langsung. Tahap inti dalam program Pelatihan dan Pendampingan ini melibatkan guru matematika secara langsung sebagai peserta yang mengikuti serangkaian kegiatan yaitu (1) knowledge sharing penggunaan ICT dalam proses KBM matematika, (2) sosialisasi urgensi menggunakan bahan ajar berbantuan ICT dalam pembelajaran matematika dan pengenalan Microsoft Mathematics, (3) eksplorasi Microsoft Mathematics dan implementasinya pada pembelajaran. Secara umum kegiatan ini memberikan pengaruh baik dan respon positif dari guru-guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika berbantuan Microsoft Mathematics.