Belajar Moodle Bersama Guru-Guru Matematika SMP Muhammadiyah di Sleman

Sleman-Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini melibatkan dua orang dosen yaitu Syariful Fahmi dan Burhanudin Arif Nurnugroho dan 4 mahasiswa dan bermitra dengan enam sekolah. Keanggotaan staf pengajar dipilih berdasarkan bidang keahlian yang dimiliki sehingga dapat menunjang kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Pelatihan ini melibatkan guru-guru matematika dari SMP Muhammadiyah 1 Godean, SMP Muhammadiyah 1 Minggir, SMP Muhammadiyah 1 Gamping, SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, SMP Muhamamdiyah 1 Depok dan SMP Muhammadiyah 2 Depok. Pelatihan dilakukan sebanyak 6 kali dan dilakukan pendampingan sebanyak 2 kali. Kegiatan diawali dengan koordinasi dengan masing-masing kepala sekolah dan guru-guru yang terlibat dan dilanjutkan dengan pelatihan dengan lokasi di laboratorium computer SMP Muhammadiyah 1 Godean.

Pertimbangan tempat di Laboratorium Komputer SMP Muhammadiyah 1 Godean adalah pertimbangan jarak yang memudahkan semua peserta untuk mengikuti pelatihan. Pelatihan dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu yaitu setiap hari kamis, jumat, dan sabtu dengan melibatkan 4 mahasiswa sebagai asisten pelatihan. Pada tahap evaluasi dan monitoring Tim pelaksana mengukur keberhasilan peran guru dalam membuat e-learning untuk mendukung proses pembelajaran matematika serta dianalisis hambatan untuk keberlanjutan kegiatan tersebut. Tersedianya laboratorium di SMP Muhammadiyah 1 Godean dapat membantu memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan memberikan kesempatan guru untuk belajar e-learning bagi guru-guru matematika serta pembuatan media pembelajaran matematika berbasis program moodle. Peserta pelatihan adalah sebanyak 13 guru-guru matematika. Peserta pelatihan juga melakukan evaluasi terhadap proses pelaksanaan pelatihan.