Assoc.Prof Mazlini Kupas Pembelajaran Matematika Berbasis STEM
Yogyakarta-3/09/2019. Perkembangan global membawa kemajuan di berbagai bidang. Termasuk di sektor pendidikan. Salah satu yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir adalah sistem pendidikan berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM).
Metode yang telah berkembang di sejumlah negara maju dan berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini, merupakan model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran tematik integratif karena menggabungkan empat bidang pokok dalam pendidikan. Yakni pengetahuan, teknologi, matematika dan enjineering.
Sejalan dengan hal tersebut, serta guna mendukung pengembangan STEM dalam Pendidikan Matematika maka Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD melaksanakan kuliah umum tentang STEM dalam Pembelajaran Matematika untuk mahasiswa Semester 5 dan Semester 7 dengan narasumber Assoc. Prof. Dr. Mazlini Adnan dari Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia bertempat di Aula Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.
Kaprodi Pendidikan Matematika, Uswatun Khasanah M. Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa: “kegiatan ini bisa menjadi awal yang bagus bagi mahasiswa sebelum memulai perkuliahan semester gasal. Selain itu juga menumbuhkan ide-ide bagi penelitian mahasiswa sebagai tugas akhir (skripsi), khususnya terkait STEM dalam pendidikan Matematika”.
“Perpaduan keempat bidang pokok tersebut yang kemudian diaplikasikan dalam satu bentuk yang kontekstual,” ujar Assoc Prof Mazlini, Selasa (03/09).
Tidak hanya itu, dalam pemecahan masalah siswa juga akan terbiasa dalam pengenalan pola.
“Jadi pola (masalah) yang sama akan digabung. Semua itu harus menggunakan logical thingking. Di STEM siswa akan dilatih berpikir seperti itu,” kata Mazlini.
“STEM mengajarkan anak didik tentang computational thingking, bukan sekadar belajar menekan tombol melainkan belajar memecahkan masalah dengan teknologi,” kata dia.
berikut Galeri Kegiatan: