Seminar “Pembelajaran Mendalam” Bekali Mahasiswa PMAT UAD
Yogyakarta, 30 Juli 2025. Program Studi Pendidikan Matematika (Prodi PMat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP UAD) menggelar seminar bertajuk “Merancang Pembelajaran Mendalam dan Strategi Reflektif untuk Mewujudkan Pembelajaran yang Berkesadaran, Bermakna, dan Menggembirakan”. Acara berlangsung luring di Educator Hall, Lantai 7, Kampus 4 Gedung Utama UAD. Acara ini juga disiarkan daring melalui kanal YouTube Pendidikan Matematika UAD, mulai pukul 08.30 WIB.
baca selengkapnya: Joint Seminar PMat UAD dan STKIP PGRI Lumajang: Numerasi dan Strategi Menyusun Tugas Akhir
Jalannya Acara
Seminar menghadirkan Andreast Wahyu Sugiyarta, M.Pd., guru matematika sekaligus Wakil Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, sebagai pemateri. Ia memaparkan gagasan inti tentang perancangan pembelajaran mendalam dan penerapan strategi reflektif agar proses belajar tidak hanya menargetkan capaian kognitif, tetapi juga pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan di kelas.
Fatimah Nur Mukhlishoh sebagai Master of Ceremony mengawali dan membuka acara. Kemudian sambutan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Puguh Wahyu Prasetyo, M.Sc. Dr. Puguh menekankan relevansi tema dengan kebutuhan mahasiswa menghadapi praktik di sekolah. Usai pembukaan, sesi inti yaitu paparan materi oleh. Andreast menyoroti pentingnya perencanaan pembelajaran bernuansa reflektif untuk memperkuat pemahaman konseptual dan pengalaman belajar siswa.
Mahasiswa angkatan 2022 dan 2023 prodi PMat UAD, memenuhi kursi peserta. Segenap dosen PMat juga ikut menjadi peserta seminar dan memandu mahasiswa yang akan melaksanakan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Antusiasme peserta terlihat pada sesi tanya jawab. Mahasiswa dan dosen aktif melemparkan pertanyaan serta umpan balik kepada pemateri, terutama terkait penerjemahan prinsip pembelajaran mendalam ke dalam rancangan modul ajar, asesmen yang bermakna, dan pengelolaan kelas yang mendorong keterlibatan siswa.
Seminar ini digelar dalam rangka menyambut kegiatan PLP yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2022 dan 2023. Melalui kegiatan ini, penyelenggara berharap calon pendidik memiliki rujukan konseptual dan strategi praktis untuk menghadirkan pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan ketika berada di kelas. (H. Bintang Wafi)