Mahasiswa Puas dengan Kinerja Mengajar Dosen, Layanan Akademik, dan Sarana Prasarana Prodi
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD berhasil mencatat tingkat kepuasan mahasiswa yang sangat tinggi terhadap berbagai aspek layanan pendidikan. Hasil pengukuran terbaru menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa sangat puas dengan kinerja mengajar dosen, layanan administratif akademik, serta ketersediaan sarana dan prasarana di lingkungan prodi
Pengukuran Mutu Berkelanjutan Demi Mahasiswa
Komitmen program studi terhadap mutu pendidikan terwujud melalui proses pengukuran kepuasan yang sistematis. Instrumen yang digunakan telah teruji dan merancang mahasiswa untuk mudah menggunakannya melalui portal. Kami melaksanakan pengukuran ini secara rutin di setiap akhir semester, bukan sekadar formalitas.. Data yang terkumpul langsung terekam lengkap dalam sistem informasi sehingga memastikan transparansi dan akuntabilitas.
Analisis mendalam dari kuesioner kepuasan mahasiswa periode terbaru mengungkap hasil yang sangat menggembirakan. Sebagian besar mahasiswa, yaitu 74,69%, memberikan penilaian “Memuaskan” (M), dan 22,84% di antaranya bahkan menilai “Sangat Memuaskan” (SM) terhadap kinerja dosen program studi. Angka ini secara jelas menunjukkan bahwa layanan pendidikan di PS PMat telah memenuhi, bahkan melampaui ekspektasi sebagian besar mahasiswanya. Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana menunjukkan mayoritas responden merasa memuaskan (M) sebesar 71,24% dan sangat memuaskan (SM) sebesar 26,61%, dengan tingkat ketidakpuasan yang sangat rendah. Terhadap layanan akademik, 25,7% mahsiswa menyatakan sangat puas, 72,8% mahasiswa menyatakan puas, dan sisanya kurang dari satu persen menyatakan tidak memuaskan.
Komitmen PS PMat untuk Masa Depan yang Lebih Baik
Hasil positif ini menegaskan komitmen program studi dalam menyajikan layanan akademik dan administratif berkualitas tinggi. Meskipun demikian, prodi tidak berpuas diri. Hasil evaluasi ini akan menjadi landasan utama untuk melakukan tinjauan mendalam, menindaklanjuti setiap masukan, serta merumuskan strategi perbaikan dan peningkatan mutu yang berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk terus menciptakan lingkungan belajar yang optimal dan mendukung penuh setiap langkah perjalanan akademik mahasiswa.