Tingkatkan Kualitas Akademik Melalui Workshop APR
Yogyakarta, 7 Mei 2025. Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika (PMat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Workshop Academic Peer Review (APR). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas suasana akademik. Acara berlangsung pada Selasa, 7 Mei 2025, di Ruang Dosen lantai 7 Gedung Utama Kampus 4 UAD. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.30 WIB.
Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr. Puguh Wahyu Prasetyo, S.Si, M.Sc., memimpin langsung workshop ini. Dalam sambutannya, Dr. Puguh menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademik, terutama dalam penyusunan dan penelaahan karya ilmiah di bidang pendidikan matematika.
Kegiatan tahsin rutin oleh Ust. Suratno, M.Pd., mengawali jalannya kegiatan. Peserta memperbaiki bacaan Al-Qur’an dalam sesi ini. Setelah itu, workshop APR menjadi inti kegiatan.
Baca selengkapnya: Workshop Academic Peer Review
Tentang Workshop APR
Workshop Academic Peer Review bertujuan untuk meningkatkan kualitas soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap tahun 2024/2025. Kegiatan ini juga memastikan kesesuaian soal dengan materi pembelajaran, CPL, dan CPMK, sehingga soal ujian dapat mengukur pencapaian kompetensi mahasiswa. Kelengkapan penilaian akhir mahasiswa memuat unsur-unsur sebagai berikut:
- Mempunyai kontrak rencana penilaian.
- Melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan.
- Memberikan umpan balik dan memberi kesempatan untuk mempertanyakan hasil kepada mahasiswa.
- Mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa.
mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir. - Pelaporan penilaian berupa kategori keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka.
- Mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian.
Melalui workshop ini, kualitas soal UAS di lingkungan akademik semakin baik dan mampu mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal. Selanjutnya, kegiatan serupa akan terus terlaksana secara berkala untuk menjaga standar evaluasi yang tinggi dalam dunia pendidikan.
Kegiatan ini diikuti oleh dosen Prodi Pendidikan Matematika UAD. Mereka antusias untuk meningkatkan kompetensi ilmiah dan mempererat hubungan antar akademisi. Diharapkan, workshop ini menciptakan suasana akademik yang lebih produktif dan kolaboratif di UAD. (Hibatullah Bintang Wafi)