Unit Layanan

Unit layanan yang diberikan oleh laboratorium Pendidikan Matematika UAD di antaranya:

1. LAYANAN ANALISIS DATA

Layanan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian pada mahasiswa, ataupun masyarakat secara umum dimana laboraorium pendidikan matematika menyelenggarakan pelatihan dan layanan analisis data. Layanan tersebut meliputi layanan analisis data statistika maupun training statistika. Analisis data statistika meliputi: questioner design, validitas dan reliabilitas, eksperimental design, parametrik maupun non parametrik statistika dan lain sebagainya. Training statistika  meliputi materi statistika dan atau software statistika yaitu SPSS dan Statistika menggunakan Microsoft Excel.

2. LAYANAN PERPUSTAKAAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

Layanan perpustakaan pendidikan matematika menyediakan sarana belajar mandiri berupa educative software dalam bidang matematika maupun buku-buku penunjang mata kuliah.

3. LAYANAN PRAKTIKUM PENUNJANG MATA KULIAH

Praktikum yang dilakukan di Laboratorium pendidikan Matematika yaitu:

> Praktikum Pengantar Ilmu Komputer

Pada praktikum Pengantar Ilmu Komputer mahasiswa diharapkan dapat memahami akan komputer, jenis dan strukur dalam komputer serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu sumber belajar, dengan menggunakan software aplikasi Microsoft Office 2007.

>Praktikum Pemrograman Komputer

Praktikum ini merupakan pengantar agar mahasiswa dapat menyusun program komputer sebagai pemecahan dari suatu permasalahan yang berkaitan dengan masalah-masalah matematika dengan bahasa Pemrograman Pascal. Praktikum ini membahas pengetahuan dasar algoritma, ketentuan dasar Pascal, pencabangan, pengulangan, prosedur,  dan fungsi.

>Praktikum Komputer Multimedia

Praktikum Komputer Muktimedia bertujuan untuk membekali mahasiswa sebagai calon pendidik dengan kemampuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran matematika menggunakan ICT. Software yang digunakan dalam Komputer Multimedia adalah Software Macromedia  Flash, sehingga output yang diharapkan tidak sekedar mampu membuat media pembelajaran yang konvensional namun mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan mereka dalam mengembangkan media berbantuan komputer.

> Praktikum Aplikasi Komputer

Praktikum ini merupakan praktikum untuk memecahkan perhitungan-perhitungan matematika secara praktis dengan menggunakan software maple dan matlab, sehingga mahasiswa diharapkan tidak sekedar mengetahui proses pemecahan masalah sesuai teoritis.

> Program Pengalaman Lapangan / Micro Teaching

Program Pengalaman Lapangan atau Micro teaching yang dilaksanakan di laboratorium pendidikan matematika bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai calon guru dengan ketrampilan mengajar sebagai bekal memperoleh enam kompetensi lulusan mahasiswa Pendidikan Matematika UAD yaitu: kompetensi Pedagogik, kompetensi Profesional, kompetensi Sosial, kompetensi Interpersonal, kompetensi kepribadian Islam dan kompetensi Teknologi.

4. LAYANAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ICT

Layanan ini membantu mahasiswa, dosen atapun masyarakat umum yang tertarik untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang berbantuan komputer dengan menggunakan software Adobe Flash CS-3, maupun video pembelajaran menggunakan software Ulead Video Studio 11.

5. LAYANAN ALAT PERAGA MATEMATIKA

Laboratorium pendidikan matematika menyediakan ruangan tersendiri untuk menyajikan hasil karya mahasiswa dalam membuat alat-alat peraga pembelajaran matematika,dengan harapan alat peraga tersebut bisa dipelajari maupun digunakan oleh mahasiswa umum maupun sebagai referensi bagi para pendidik. Pada layanan ini juga terdapat bengkel kerja para mahasiswa dalam membuat alat peraga.

Be Sociable, Share!

About the Author