Kreasi Media Bersama Guru Matematika SMP Muhammadiyah Se Kab-Gunungkidul

Materi pelajaran matematika dalam kurikulum tidak semuanya bisa menggunakan media komputer, tetapi setidaknya ada media alternatif baru untuk menunjang pembelajaran matematika. Penggunaan komputer membantu guru menjadi lebih efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas harian. Dan yang lebih penting, para guru akan mengalami bagaimana komputer membantu mengerjakan pengajaran dengan lebih baik.

Pelatihan dan pendampingan kemampuan guru guru matematika dalam mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan Adobe Flash CS 3 bagi guru-guru matematika di MTs/SMP Muhamamdiyah se-Kabupaten Gunungkidul merupakan langkah tepat untuk memajukan kompetensi guru.

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk (1). memberi ketrampilan pada guru bagaimana menggunakan software Adobe Flash CS 3 sebagai software pembuat multimedia interaktif untuk mengenalkan konsep matematika. (2). memberi ketrampilan pada guru bagaimana membuat media pembelajaran yang interaktif.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Mujahidin Gunungkidul yang dimulail pada tanggal 20 Mei 2017 sampai dengan 21 juli 2017. Adapun pelaksanaanya melibatkan dua (2) mahasiswa yang membantu secara teknis pelaksanaan pelatihan dan pendampingan. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan dilaksanakan di Aula SMP Muhammadiyah Mujahidin Gunungkidul, dengan sesi perhari sebanyak 6 sesi (persesi 50 menit) dengan jumlah peserta adalah 24 guru guru matematika yang berasal dari MTs/SMP Muhammadiyah se-kabupaten Gunungkidul. Pelatihan selanjutnya peserta membuat media sederhana dan peserta dibagi dalam 4 kelompok untuk membuat media pembelajaran sederhana dengan menggunakan Adobe Flash CS 3. Penentuan anggota kelompok berdasar atas kedekatan lokasi sekolah sehingga memudahkan guru dalam berkoordinasi.

Secara umum pelaksanaan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru matematika MTs/SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Gunungkidul tidak menemui hambatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan support dari pihak K3S yang sangat baik sehingga kegiatan pelatihan dapat berjalan lancar. [fhm]

Be Sociable, Share!

About the Author