Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia diantaranya sebagai alat pemecahan masalah  baik itu dalam permasalahan sederhana sampai pada permasalahan yang lebih rumit. Matematika juga digunakan pada disiplin  ilmu yang lain seperti fisika, kimia, biologi, statistika, ilmu teknik, bahkan dalam ilmu-ilmu non eksaktapun matematika masih dapat kita temukan penggunaanya. Sains modern dan teknologi tidak akan berkembang tanpa bantuan matematika.

Pembelajaran merupakan salah satu proses yang kompleks dan melibatkan banyak aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran yang efektif diperlukan berbagai keterampilan, salah satunya adalah keterampilan memilih media pembelajaran. Tercapainya harapan tersebut tidak lepas dari semua komponen pendukung proses pembelajaran di kelas yaitu mahasiswa, dosen dan media pembelajaran.  Berperannya ketiga komponen tersebut memungkinkan tercapainya pembelajaran yang efektif di dalam kelas. Beberapa media pembelajaran yang ada pada dasarnya merupakan suatu sarana untuk menyampaikan pesan ataupun informasi agar dapat diterima dengan baik bahkan menarik. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat ikut berpengaruh dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu media itu adalah komputer.

Pesatnya perkembangan teknologi komputer saat ini telah dirasakan dalam berbagai sektor kehidupan. Dalam sektor pendidikan misalnya, pemanfaatan komputer sudah berkembang tidak hanya sebagai alat yang hanya dipergunakan untuk urusan keadministrasian saja, melainkan juga sangat dimungkinkan untuk digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan media pembelajaran. Sebagai contoh adanya komputer multimedia yang mana mampu menampilkan gambar maupun tulisan yang diam dan bergerak serta bersuara sudah saatnya untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan media pembelajaran yang efektif. Hal semacam ini perlu ditanggapi secara positif oleh para guru sehingga komputer dapat menjadi salah satu alat yang membantunya dalam mengembangkan pembelajaran.

Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran sebetulnya telah lama berkembang di banyak negara seperti Amerika dan Inggris dengan memasarkan puluhan paket program, bahkan berbagai penelitian tentang keberhasilan dan keterbatasan penggunaan komputer telah banyak dilakukan pada negara-negara yang telah menggunakannya sebagai media pendidikan. Sebagai media, komputer bermanfaat bagi guru sebagai alat bantu dalam menyiapkan bahan ajar dan menyelenggarakan pembelajaran.

Menyadari pentingnya sebuah pengembangan sumberdaya manusia terhadap keterampilan dalam menggunakan sarana pendidikan yang berbasis teknologi ini, Pendidikan Matematika UAD sebagai sebuah program studi yang menghasilkan lulusan para calon guru di bidang matematika mendirikan Laboratorium Komputer yang memiliki peran sebagai unit penunjang akademik Fakultas FKIP Universitas Ahmad Dahlan dan sebagai sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri bagi dosen dan mahasiwa. Dengan latar belakang itulah Laboratorium Pendidikan Matematika UAD memiliki visi:

“Menjadi unit penunjang program studi pendidikan Matematika yang handal dan Islami dalam menghasilkan sumber daya manusia cendikia, mandiri, berdaya saing tinggi,  dalam era  global, cepat  beradaptasi dalam perkembangan IPTEK dan professional dalam pendidikan matematika melalui kegiatan pemberdayaan laboratorium yang efektif dan efisien.”

Kampus IV (Kampus Utama)
Gedung Utama, Lantai 7

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : +6281-1250-0800
Faximille : 0274-564604
Email : prodi(at)pmat.uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960