Workshop Penyusunan Desain Pembelajaran Matematika Guru Matematika SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul

  Yogyakarta-17 April 2018.  Workshop ini dilaksanakan karena matapelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga dibutuhkan design pembelajaran yang efektif dan menarik. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menyusun […]

 

Yogyakarta-17 April 2018.  Workshop ini dilaksanakan karena matapelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit sehingga dibutuhkan design pembelajaran yang efektif dan menarik. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menyusun design pembelajaran matematika yang efektif.

Workshop pertama ini dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2018 dari Jam 07.30 – 15.00 di Aula kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul dibagi menjadi 4 sesi yaitu model-model pembelajaran matematika, Pengamatan  video pembelajaran matematika, penyusunan design pembelajaran Matematika SMP, dan rencana tindak lanjut.  Acara ini diikuti 35 guru SMP Muhammadiyah se- Kabupaten Bantul .  pada Acara pembukaan dihadiri Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara  Majlis Dikdasmen PDM bantul dan Kaprodi Pendidikan Matematika. Kaprodi Prodi pendidikan Matematika Drs. H. Abdul Taram, M.Si. saat sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah secara rutin dilaksanakan dalam rangka sharing keilmuan. Adapun Wakil ketua Majlis Dikdasmen PDM Bantul H. Damiri, M.M., saat sambutan menyampaikan harapanya  bahwa kegiatan ini tidak terhenti saat ini, namun bisa berlanjut dengan materi-materi yang dibutuhkan guru Sekolah Muhammadiyah se Kabupaten Bantul. Setelah acara pembukaan diberikan pretes kepada peserta dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan tentang design pembelajaran matematika yang efektif.

Sesi pertama Pelatihan Model pembelajaran matematika disampaikan oleh Uswatun Khasanah, M.Sc. menggunakan kombinasi Model pembelajaran Jigsaw dan NHT. Pemateri menyiapkan Lembar kerja  yang beriisi 5 jenis model pembelajaran yaitu model jigsaw, Model NHT, Model STAD, Model TS-TS, dan Model Investasi Kelompok.  Saat Diskusi kelompok ahli, peserta sangat antusias membahas materi model pembelajaran sesuai bidang keahliannya. Setelah diskusi kelompok ahli selesai, peserta diminta kembali ke kelompok asal dan berkewajiban sharing terkait materi keahlianya.  Saat ini peserta juga sangat antusias sehingga setiap anggota kelompok mempresentasiikan materi keahlianya.  Selnajutnya untuk menarik kesimpulan, pemateri memanggil secara acak peserta urut materi keahlianya.

Sesi kedua pengamatan video pembelajaran yang dipandu oleh Siti Nurrahmah, M.PMat. Setiap kelompok diminta mengamati media pembelajaran, metode pembelajaran, peran guru, ragam aktivitas siswa, pengalaman belajar yang diperoleh siswa, interaksi pembelajaran, pengalokasian waktu, penataan tempat duduk, apa yang harus diperbaiki, dan sumber belajar yang digunakan. Selanjutnya setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

Sesi ketiga penyusunan design pembelajaran matematika. Pengantar materi design pembelajaran  disampaikan oleh Siti Nurrahmah, M.Pmat..Tim membagi materi matematika kelas VII semester genap. Setiap kelompok diminta menyusun design pembelajaran matematika sesuai materi yang dipilih dan hasil diskusi dituliskan dalam kertas plano. Setelah semua selesai selajutnya pembelajaran menggunakan gallery Work, setiap kelompok membagi anggota menjadi dua kelompok yaitu tiga orang mengunjungi gallery kelompok lain sedangkan yang kedua menunggu gallery kelompoknya siap menjawab jika ada pertanyaan saat dikunjungi kelompok lain. Workshop pertama ini diakhiri dengan rencana tindak lanjut , refleksi pelaksanaan dari peserta, dan penutup.

Worshop kedua hari Kamis tanggal 15 Februari 2018 dengan acara workshop penyusunan design pembelajaran untuk materi yang akan diimplementasikan saat pendampingan.  Workshop ini peserta sudah dikelompokan menjadi 3 berdasarkan lokasi sekolah. Selanjutnya setiap kelompok menentukan tempat pendampingan, guru model, dan materi yang akan diajarkan. Output dari kegiatan ini adalah design pembalajaran matematika .

Kegaiatan selanjutnya adalah pendampingan. Adapun jumlah pendampingan direncanakan masing-masing kelompok 3 kali, namun terkendala waktu ada satu kelompok baru terlaksana 1 kali. Kelompok 1, pendampingan dilaksanakan hari Rabu tanggal 28 Februari 2018, Kelompok 2 pendampingan dilaksanakan pada hari Sabtu 24 Februari 2018 dan hari Kamis 19 April 2018. Kelompok 3 pendampingan dilaksanakan pada setiap hari kamis tanggal 22 Februari 2018, 1, Maret 2018 dan 15 maret 2018.

Kegiatan rencana diakhiri dengan postes dan evaluasi dari peserta dan PDM bantul yang akan dilaksanakan pada hari Kamis 26 April 2018.

About Pendidikan Matematika