Prodi PMAT Selenggarakan Pelatihan Penelitian Pengembangan

Pada tanggal 16 September 2017, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan mengadakan kegiatan Pelatihan Penelitian Pengembangan dengan  jumlah peserta sebanyak 20 orang dosen.

Narasumber adalah Prof. Dr. Sugiyono M. Si, guru besar FT Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan Workshop di buka oleh kaprodi Pendidikan Matematika Drs. Abdul Taram M. Si. Dalam sambutannya Bapak Abdul Taram menghimbau kepada seluruh dosen peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dengan serius dan diharapkan dapat melaksanakan penelitian pengembangan sehingga hasilnya diharapkan mempunyai kontribusi terhadap kualitas pembelajaran.

Selain itu disampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan wawasan dosen khususnya mengenai penelitian pengembangan. Selanjutnya Ketua Prodi menyatakan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan dalam rangka untuk lebih mendalami penelitian pengembangan. Karena saat ini sudah banyak mahasiswa yang tertarik melakukan penelitian pengembangan untuk skripsinya, sementara diantara dosen pembimbing masih ada yang mempunyai pemahaman yang berbeda terhadap penelitian pengembangan. Sehingga diharapkan semua dosen pembimbing mempunyai pemahaman yang sama dalam pembimbingan terhadap mahasiswa yang melakukan penelitian pengembangan. Selain untuk kebutuhan pembimbingan skripsi  Workshop ini juga sangat dibutuhkan bagi semua dosen untuk melakukan penelitian pengembangan dalam rangka mengembangkan perangkat pembelajaran, metode pembelajaran, dan lain sebagainya, untuk mendukung proses pembelajaran.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dari pukul 08.00WIB sampai dengan 12.00 WIB. Penjelasan yang disampaikan oleh Prof. Sugiyono sangat membuka wawasan seluruh dosen peserta Workshop, karena beliau menyampaikan materi dengan sangat rinci dan jelas. Diantaranya beliau menjelaskan perbedaan antara Research and Development dengan Design Research, sehingga dosen menjadi lebih paham karakteristik penelitian pengembangan, dan tentunya akan sangat membantu dalam melaksanaan penelitian khususnya penelitian pengembangan.

Melalui paparan materi yang disampaikan oleh narasumber, dosen dapat menilai sendiri apa yang sudah dilakukan selama ini dalam melaksanakan penelitian pengembangan. Dosen mengungkapkan bahwa selama ini ada beberapa hal yang sudah dilakukan dan ternyata kurang pas dengan rohnya penelitian pengembangan. (fhm)

Be Sociable, Share!

About the Author