PERNYATAAN BERSYARAT IF-THEN

  1. Pendahuluan

Dalam dunia nyata, terkadang seseorang dihadapkan pada suatu pilihan, dan ia harus menerima konsekuensi setiap pilihannya. Hal yang sama akan banyak dijumpai dalam pemrograman komputer, bahkan dapat dikatakan bahwa semua program yang sipatnya kompleks pasti mengikutsertakan aspek pemilihan yang mempengaruhi kelanjutan jalannya program. Dalam pemrograman dalam bahasa apapun, hal seperti sering disebut dengan seleksi kondisi, ataupun percabangan (branch). Dengan melakukan seleksi kondisi, program dapat menentukan tindakan apa yang dikerjakan, tergantung dari hasil kondisi yang diseleksi tersebut.

Dalam bahasa pascal, seleksi kondisi dapat dilakukan dengan menggunakan kata cadangan If then. kata cadangan if then bisa digunakan untuk melakukan seleksi kondisi dengan 1 atau 2 pilihan.

Dalam if then, suatu aksi hanya akan dijalankan apabila kondisi penentunya tercapai (bernilai true), dan tidak akan dijalankan apabila kondisi penentunya tidak tercapai (bernilai false). Bila terdapat alternative pilihan aksi dan kondisinya sesuai, maka aksi tersebut akan dijalankan. Bila tidak terdapat kondisi yang tidak sesuai sama sekali, maka tidak stupun pilihan aksi yang akan dijalankan. Terkadang diperlukan adanya pilihan aksi terakhir apabila tidak satupun kondisinya terpenuhi.

penjelasan selanjutnya tentang PERNYATAAN BERSYARAT IF THEN bisa di download disini.

Be Sociable, Share!
Tags: ,

About admin