PENGUMUMAN PENDAFTARAN KKN PPM SEMESTER GENAP 2012/2013

Diumumkan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan bahwa Kuliah Kerja Nyata   Pembelajaran   Pemberdayaan   Masyarakat   (KKN-PPM)   Semester   Genap   Tahun Akademik 2012/2013 akan diselenggarakan pada Juni  s.d. September 2013.

Adapun pendaftaran peserta Kuliah Kerja Nyata tersebut diatur sebagai berikut.

A.   Ketentuan Pendaftaran Peserta

Peserta KKN UAD adalah mahasiswa dari semua program studi di lingkungan UAD

dan memenuhi ketentuan sebagai berikut.

1. Memenuhi persyaratan berikut: (a) minimal telah duduk di semester 6 dan terdaftar sebagai  mahasiswa  pada  semester  yang  sedang  berjalan,  (b)  minimal  telah  lulus matakuliah sejumlah 100 sks dengan indeks prestasi kumulatif minimal 2,00, (c) telah lulus 2 dari 4 matakuliah paket yang diprogramkan oleh LPSI, dan (d) lulus tes baca Al Qur-an.

2. Diutamakan  program  studi: Biologi, Farmasi, IKM, Ilmu Ekonomi, Manajemen, P.

Biologi, PBI, PBSI,  Sistem  Informasi, T.  Elektro, T.  Industri, T.Informatika, & T. Kimia.

3. Mahasiswa mendaftarkan diri sebagai peserta KKN secara online melalui portal.

4. Mengikuti dan lulus Tahap Pembekalan KKN.

Catatan: Untuk  mengikuti Tahap Pembekalan KKN, mahasiswa yang bersangkutan telah melunasi seluruh biaya KKN.

5. Mahasiswa yang tidak lulus dalam mengikuti Tahap Pembekalan KKN  tidak dapat mengikuti Tahap Pelaksanaan di Lokasi KKN.

6. Mahasiswa yang bersangkutan bersedia mengikuti Tahap Pelaksanaan di Lokasi KKN sesuai dengan unit, kelompok, dan periode KKN yang ditentukan oleh Pusat KKN.

7. Mahasiswi yang mengikuti Tahap Pelaksanaan di Lokasi KKN tidak dalam keadaan hamil.

8. Mahasiswa  yang  dalam  keadaan  sakit  atau  memiliki  penyakit  kambuhan  harus menyerahkan Surat Keterangan Dokter ke LPM.

9. Mahasiswa yang telah termasuk daftar mahasiswa yang diterjunkan ke Lokasi KKN lalu mengundurkan diri tanpa ada pemberitahuan ke LPM akan dikenai sanksi. Paling ringan  sanksi  tersebut  berupa  tidak  diizinkan  menempuh  KKN  pada  satu  periode berikutnya.

B.   Prosedur dan Alur Proses KKN

Adapun prosedur dan alur proses KKN UAD diatur sebagai berikut.

1. Mahasiswa mengisi formulir pendaftaran KKN secara online melalui portal.

2. Mahasiswa melunasi biaya KKN.

3. LPM mengeluarkan Daftar Peserta Pembekalan KKN.

4. Mahasiswa  mengambil  buku  Pedoman  KKN  di  LPM  dengan  menunjukkan  bukti pelunasan biaya KKN.

5. Mahasiswa mengikuti Pembekalan KKN.

6. LPM  mengeluarkan  Daftar  Mahasiswa  yang  Berangkat  ke  Lokasi  KKN  beserta lokasinya.

Catatan:

Keputusan LPM mengenai mahasiswa yang berangkat ke lokasi KKN berdasar atas (a) kelulusan dalam Pembekalan dan (b) bukti pelunasan biaya KKN.

7. Mahasiswa  melaksanakan  survei  di  lokasi  KKN  dan  kemudian  menyusun  program kerja KKN (dengan dikoordinasikan oleh DPL KKN dan/atau Koordinator Lapangan).

8. Mahasiswa  mendiskusikan/mengkoordinasikan  rencana  pelaksanaan  program  kerja bersama-sama dengan DPL (misalnya untuk mengatur program-program yang perlu dikerjakan bersama-sama baik antarunit maupun antarkelompok).

9. Mahasiswa menyerahkan (a) Laporan Akhir s.d. Bab II & Denah Lokasi ke DPL dan (b) Proposal Kegiatan & Denah Lokasi KKN ke LPM.

10.Mahasiswa diterjunkan ke lokasi KKN untuk melaksanakan program kerja yang telah dirancang, dengan didahului Upacara Penerjunan KKN.

11.Mahasiswa  diserahkan  ke  Pemda  pada  lokasi  KKN  dengan  Upacara  Penyerahan Mahasiswa KKN (bertempat di Kantor Kecamatan atau tempat lain yang ditentukan oleh  Pemda  terkait)  dan       kemudian  pada  hari  berikutnya  langsung  melaksanakan program kerja yang telah dirancang.

12.DPL melaksanakan bimbingan maupun evaluasi dan LPM mengadakan monitoring.

13.Mahasiswa menyusun (a) Laporan Pelaksanaan KKN dan menyerahkannya ke LPM dan/atau  DPL  maupun  pihak-pihak  lain  yang  dipandang  perlu  selambat-lambatnya seminggu setelah penarikan dan (b) Rekapitulasi Laporan Pelaksanaan Kegiatan dan Sumber Dana (rangkap 3,  asli semua) dan menyerahkannya ke LPM sehari setelah penarikan.

14.Mahasiswa ditarik dari lokasi KKN dengan Upacara Penarikan.

15.Mahasiswa   mengikuti   responsi   yang   diselenggarakan   oleh   DPL  masing-masing selambat-lambatnya seminggu setelah penarikan dari lokasi KKN.

16.DPL memasukan nilai KKN ke portal selambat-lambatnya seminggu setelah responsi.

Jika  dalam  batas  waktu  ini  Nilai  KKN  tidak  dimasukkan  oleh  DPL,  LPM  akan memberikan nilai C kepada mahasiswa yang dibimbingnya.

C.    Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran peserta KKN dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 15 Juni 2013. Pengumuman ini disampaikan untuk mendapat perhatian dari semua pihak terkait.

Be Sociable, Share!

About admin