Matematika Ibadah

Oleh: Marsigit (Dosen Pendidikan Matematika UNY)


*Togog*:
Mar, apa bisa ngibadah di matematika.

*Semar*:
Bisa ning ora kabeh. Ora kena kabeh. Ora oleh kabeh.

*Togog*:
Sebabe?

*Semar*:
Ngibadah kuwi ora mung pikir. Ngibadah kuwi uga rasa, ati, donga, barakah, ikhtiar, lan tekdir. Mangka matematika kuwi pikir.

*Togog*:
Matematikane _taqwa_?

*Semar*:
Matematikane _taqwa_ kuwi _manut aturan_, _manut rumus_. Aturane sing Gawe Urip.

*Togog*:
Matematikane _dosa_ ?

*Semar*:
_Dosa_ kuwi _negatif_. Banyaknya dosa iti bilangan negatif.

*Togog*:
Matematikane pahala?

*Semar*:
_Pahala_ bisa dianggep _positif_. Banyaknya pahala itu bilangan positif. Tetapi pahala dikurangi dosa itu bukan pengurangan bilangan. Itu kuasa Alloh SWT.

*Togog*:
Matematikane _lahir_ e uwong?

*Semar*:
_Durung lahir_ kuwi _umpama, misal_. _Uwis lahir_ kuwi _object pikir_ utawa _konsep_. Psikologinya lahir itu otonom. Tetapi lahirnya seseorang itu Kehendak Alloh SWT.

*Togog*:
Matematikane _ayah_ ?

*Semar*:
_Ayah_ kuwi _Superset_. _Anak_ kuwi _himpunan bagian__subset_ atau _anggota himpunan_._Suami Isteri_ itu _2 himpunan yang saling berpotongan_ atau Joint Set.

*Togog*:
_Hubungan suami isteri_ ?

*Semar*:
_Hubungan suami isteri_ itu bisa _relasi_ bisa _fungsi_. Tetapi hubungan suami isteri yang lebih mulia adalah _hubungan spiritual_yaitu hubungan karana Alloh SWT.

*Togog*:
Matematikane _lebaran_ ?

*Semar*:
_Lebaran_ itu rumusnya f(x)=0.

*Togog*:
Kok?

*Semar*:
f itu fungsi, x itu tindakanmu. 0 itu ampunan atau hilangnya dosa. Namun sebenar benar yang terjadi adalah bahwa ampunan dosa itu Kuasa Alloh SWT.

*Togog*: _Iklas_ ?

*Semar*:
_Ikhlas_ itu x^0=1. Dibaca x pangkat nol sama dengan satu.

*Togog*:
Kok?

*Semar*:
x^0 = 1. x itu sembarang orang. 0 itu ikhlas dalam beribadah. 1 itu kuasa Tuhan. Jadi setiap orang siapapun, apapun pangkatnya, kalau ikhlas dalam beribadah, dan Alloh SWT ridlo, maka insya Alloh ibadahnya akan diterima.

*Togog*:
Cara menghilangkan dosa?

*Semar*:
Gunakan rumus _lim f(x)/x = 0_, dimana x menuju ~. f(x) adalah tindakanmu. x adalah permohonan ampunmu menuju ~, artinya mohon ampun secara terus menerus dengan sepenuh hati. Dosamu bilangan tertentu, yang terbagi dengan permohonan ampunmu bilangan tak hingga, jika Alloh SWT, ridlo, insya Alloh dosamu diampuni, yaitu menjadi 0.

*Togog*:
Matematikanya _jabat tangan_ ?

*Semar*:
_Jabat tangan_ itu fungsi _onto bijektif_ atau _korespondensi 1-1_. _Jabat tangan_ itu _operasi saling memaafkan_. Jika diniatkan dan dijalankan dengan ikhlas, dan jika Alloh SWT ridlo, insya Allah dosa dosa orang yang saling bersalaman diampuni. Kita praktekan besok Selasa, 4 Juli 2017 di halaman Auditorium UNY
.
*Togog*:
Matematikanya _mati_ ?

*Semar*:
Jika A adalah himpunan orang hidup. Maka orang meninggal itu bukan anggota himpunan A. Juga orang hidup ditambah orang mati adalah semua orang yang pernah hidup. Jika B adalah himpunan orang mati, maka orang hidup bukan anggota B. A dan B adalah 2 himpunan yang saling asing atau Disjoint Set. Artinya tidak ada orang yang hidup sekaligus mati. Tetapi sebenar benar hidup dan mati itu adalah urusan Alloh SWT.

*Togog*:
Matematikanya _doa_ ?

*Semar*:
Jika C adalah himpunan doa doa. Jika * adalah operasi antar doa. Maka himpunan C bersifat tertutup terhadap operasi doa, yaitu bahwa _doa1 * doa2_ adalah tetap doa. Tetapi C tidak bersifat komutatif yaitu bahwa _doa1 * doa2_ tidaklah sama dengan _doa2 * doa1_. Tidak dapat ditentukan apakah C mempunyai elemen identitas. Juga tidak dapat ditentukan apakah C bersifat asosiatif terhadap operasi *. Hal itu disebabkan karena anggota C, yaitu _doa_ semata mata Kuasa Alloh SWT. Jadi berdoalah karana Alloh SWT.

*Togog*:
Matematikanya _ihtiar_. ?

*Semar*:
Ihtiar itu rumusnya _f(x)=1_. Dimana x adalah segala ihtiarmu, dan 1 adalah Esanya Alloh atau Kuasa Alloh SWT. Lakukanlah ihtiar sesuka hatimu asal semuanya dalam atau menuju ridlo Alloh SWT.

*Togog*:
Matematikanya _tidur_. ?

*Semar*:
Rumus tidur adalah y=f(x), 0
*Semar*:
Tahu kesimpulannya Gog?

*Togog*:
Tidak.

*Semar*:
Kesimpulannya adalah jangan sekali kali hanya mengandalkan matematika atau pikiran saja untuk urusan ibadah, tetapi gunakan hati dan tuntunan yang telah diberikan Alloh SWT melalui kitab Suci, para Nabi, Hadist dan Ulama.

END

diambil dari sumber:https://powermathematics.blogspot.co.id/2017/09/matematika-ibadah.html
Be Sociable, Share!

About the Author