Makrab dan LDKO Pendidikan Matematika UAD 2013

Makrab (Malam Keakraban) dan LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi) merupakan salah satu kegiatan yang digelar untuk penyambutan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan tahun 2013. Kegiatan […]

IMG_3354 - Copy

Makrab (Malam Keakraban) dan LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi) merupakan salah satu kegiatan yang digelar untuk penyambutan mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan tahun 2013. Kegiatan ini berlangsung tanggal 21-22 September 2013 di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan yang diikuti oleh 212 peserta ini mengangkat tema “Ciptakan Jiwa Kepemimpinan dan Berorganisasi dalam Kebersamaan”.

“Makrab tahun ini adalah makrab paling spesial. Kami mencoba menyuguhkan Makrab dengan tampilan berbeda, menggabungkannya dengan LDKO,” tutur Muliya selaku ketua panitia.

Acara pada hari pertama adalah Upacara Pembukaan, Motivasi Akademik, Materi Kepemimpinan, Pentas Seni, Api Unggun, dan Renungan. Sedangkan dihari kedua adalah Materi Keorganisasian, Outbond, dan Upacara Penutupan.

Upacara Pembukaan, Motivasi Akademik, dan Materi Kepemimpinan

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) UAD, Dr. Suparman, M.Si., DEA. dan 9 dosen Pendidikan Matematika. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan UAD dan dilanjutkan dengan motivasi akademik yang juga disampaikan oleh Bapak Suparman. Untuk materi selanjutnya yaitu kepemimpinan, menghadirkan pembicara Bapak Unggul Haryanto Nur Utomo (Dosen Psikologi Universitas Ahmad Dahlan).

Pentas Seni, Api Unggun, dan Renungan

Walaupun sudah memasuki pergantian hari (malam ke pagi), peserta tetap antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang telah diagendakan. Seperti pentas seni, api unggun, dan renungan. Para peserta menampilkan beragam pentas seni. Ada yang bermain biola tunggal, gendhang, menyanyi, drama, dan akustikan.

Materi Keorganisasian

Untuk materi sesi kedua ini (keorganisasian) menghadirkan pembicara Bapak Agung Widodo. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 07.00. Meskipun masih pagi, peserta tetap semangat untuk mengikuti materi.

Outbond

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB, tepat setelah materi keorganisasian. Disesi Outbond yang dipandu oleh Badan Diklat DIY ini, peserta diharuskan melewati 6 pos. Pos 1(Laser Trap), Pos 2(Gas Beracun), Pos 3(Pindah Bom), Pos 4(Spider Wrap), Pos 5(Tong Bolong), dan Pos 6(Sirotolmustaqim).

Upacara Penutupan

Sebelum acara penutupan, dari pihak Badan Diklat DIY mengadakan refleksi terlebih dahulu. Di sini peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan Makrab dan LDKO ini. Setelah itu panitia mengumumkan pemenang the Best Team dan the Best Leader. Kegiatan selesai pukul 17.00.

Be Sociable, Share!

About admin