Mahasiswa PMAT Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Untirta 2018

Yogyakarta-4 Mei 2018. Bertempat di gedung FKIP Untirta Serang Banten, mahasiswa Pendidikan Matematika berhasil menjadi juara II dalam lomba karya tulis ilmiah (LKTI) Nasional yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Sultan […]

Yogyakarta-4 Mei 2018. Bertempat di gedung FKIP Untirta Serang Banten, mahasiswa Pendidikan Matematika berhasil menjadi juara II dalam lomba karya tulis ilmiah (LKTI) Nasional yang diselenggarakan oleh FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten. Tema lomba LKTI adalah “Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Mewujudkan Indonesia Mandiri”.

Tim LKTI PMAT terdiri dari Bidayatun Nafi’ah, Catur Yustika Melati dan Nadia mengangkat tema “eksisitensi Batik Fraktal di Era industri 4.0”. Bida selaku ketua menyampaikan LKTI ini persiapannya terbilang unik, karena tim dari PMAT berbeda angkatan dan punya kesibukan masing-masing, serta jarang kumpul bertiga.
“Jadi pertemuannya dilakukan via online. Persiapan yang dilakukan ialah analisis masalah dan pencarian ide. Lalu eksekusi di tulisan. Total waktu yang dibutuhkan sekitar seminggu,” katanya, Jumat(5/4).

Pada LKTI di Untirta tim PMAT dibina oleh Afit Istiandaru, M. Pd. “Kami mengumpulkan abstrak tepat beberapa hari sebelum penutupan. Setelah lolos seleksi abstrak, kami mencoba fokus untuk pengerjaan full paper. Waktu yang dibutuhkan sekitar tiga minggu sebelum pengumpulan full paper,” ucapnya. Tahapan yang dlakukan pastinya pencarian litelatur, diskusi bersama dosen untuk mendapatkan karya yang layak dilombakan.

Bida yang merupakan yang merupakan alumni pengurus HMPS PMAT berharap prestasi yang diraih ia bersama tim bisa menjadi semangat menulis KTI mahasiswa PMAT lainnya. “Harapannya kami bisa menjadi bagian untuk membuat atmosfer menulis KTI di Pendidikan Matematika menjadi lebih kuat. Rencana kedepannya, untuk terus berkarya dan mengharumkan nama almamater,” pungkasnya.

[fhm]

About the Author