Hasil Lomba Media Pembelajaran Nasional 2017

Setelah melalui serangkaian seleksi peserta lomba dengan berbagai macam jenis media pembelajaran matematika, akhirnya final lomba media pembelajaran nasional 2017 dalam rangka Milad PMAt UAD ke 38 telah selesai dilaksanakan pada hari Minggu, 5 November 2017 bertempat di Ruang 206 Kampus 3 UAD. Kolaborasi mahasiswa Pendidikan Matematika dari Universitas PGRI Semarang  berhasil menjadi Juara 1 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional 2017. Lomba diadakan oleh HMPS Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD dengan tema “Tunjukkan karyamu melalui Media Pembelajaran yang Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif”.

Elix Budiyanta selaku ketua HMPS PMat menjelaskan, Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional ini bertujuan untuk mengapreasi karya dari calon pendidik di Indonesia melalui Media Pembelajaran yang Inovatif dan Inspiratif sesuasi dengan tema lomba kali ini. Proses seleksi karya awalnya dikirimkan oleh Tim/Individu maksimal pada tanggal 29 November 2017, dengan mengirimkan deskripsi karya media pembelajaran yang inovatif,  dapat berupa online maupun offline. Materi/bahan ajar yang dikembangkan adalah salah satu kompetensi dasar semua mata pelajaran jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK/MA. Karya yang telah dikirimkan kemudian  diambil 5 besar karya terbaik untuk  dipresentaskan di UAD pada tanggal 5 November 2017.

Tim dari UAD sendiri berhasil menjadi Juara ke-2  dengan mahasiswa Katon, Yumna, dan Noor Khasanah. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan media pembelajarn mobile dengan menggunakan Adobe Flash CS-6. Katon menuturkan, “Semua yang kami lakukan adalah menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah selama 5 semester. Kami menerapkan elaborasi antara karya dan pemikiran  untuk menciptakan sebuah inovasi baru yang inspiratif bagi dunia pendidikan. Kerjasama tim sangat berpengaruh besar dalam kesuksesan. Kunci keberhasilan kerjasama tim adalah komunikasi dan keadilan. Meskipun tim kami berbeda kemampuan, komunikasi tetap berjalan dengan baik, dan pembagian tugas berjalan dengan adil. [fhm]

Be Sociable, Share!

About the Author