Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Gunungkidul Mengikuti Pelatihan Media Pembelajaran Flash dari Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan merupakan kunci untuk meraih masa depan yang lebih baik. Dalam konteks bangsa dan negara, pendidikan merupakan investasi untuk mempersiapkan generasi muda dalam membangun, mengelola dan menjalankan negara. Oleh karena itu, kualitas pendidikan tidak boleh dipandang sebelah mata dan harus terus ditingkatkan agar masa depan kehidupan berbangsa, bernegara dan agama semakin baik.Dalam proses pembelajaran, salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah media pembelajaran. Media pembelajaran yang baik akan membantu guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang baik pula. Salah satu media pembelajaran yang cukup populer saat ini yaitu media pembelajaran Flash. Media pembelajaran ini dinilai sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena penggunaannya yang effisien dan effektif. Namun, proses pembuatan dan pengembangannya cukup sulit dan hanya beberapa guru saja yang memiliki keahlian tentang flash. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Yogyakarta khususnya di kabupaten Gunung Kidul dan di lingkungan Muhammadiyah, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (Pmat UAD) mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran Flash. Harapannya, dengan pelatihan ini, guru-guru matematika di kabupaten Gunung Kidul mampu mengembangkan media pembelajarn Flash karya mereka sendiri sehingga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.Pelatihandan workshop media pembelajaranflashinidilaksanakanpadatanggal 20 Mei 2017. Dari 15 sekolah yang diundang, hanyaada 10 peserta yang hadirdari 10 sekolah yang berbeda.

Berdasarkan wawancara terhadap guru saat kegiatan berlangsung, mereka mengakui bahwa pelatihan seperti ini sangatlah baik da nperlu dilakukan lagi di masa-masa mendatang, terutama bagi guru di lingkungan Muhammadiyah karena jarang sekali mendapat pelatihan pengembangan diri. Selain kegiata npelatihan pengembangan media pembelajaran flash, pada kesempatan ini ditandatangani pula kesepakatan MoU antara program studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gunungkidul. (Aan H)

Be Sociable, Share!

About the Author