Guru-Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah Se-Gunungkidul Mendapatkan Pelatihan Silabus Dan RPP Kurtilas

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika menyambangi SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Kabupaten Gunungkidul, Kamis (18/5/2017), untuk memberikan pelatihan penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Standar Proses Kurikulum 2013. Tim yang beranggotakan Drs. H. Sunaryo, M.Pd. dan Afit Istiandaru, M.Pd. tersebut diterima dengan baik oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gunungkidul yang diwakili oleh Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, Drs. Wargana.

Animo SMA/SMK Muhammadiyah untuk mendelegasikan guru matematikanya mengikuti pelatihan tersebut cukup menggembirakan. Tercatat sebanyak 12 SMA dan SMK Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul yang berpartisipasi. Para guru mengeluhkan minimnya pelatihan yang tersedia untuk menyusun silabus dan RPP yang sesuai dengan kaidah Kurikulum 2013. Lebih jauh lagi, berbagai update perkembangan standar silabus dan RPP jarang yang sampai ke sekolah karena rata-rata para guru hanya mendapatkan pelatihan sekali sejak Kurikulum 2013 diterapkan.

Tim berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menghimpun standar terbaru silabus dan RPP dari kolega yang berprofesi sebagai pengawas sekolah. Selanjutnya, para guru diberikan suatu contoh silabus dan RPP dan diminta menyesuaikan dengan kebutuhan di sekolah masing-masing.

Di akhir pelatihan, peserta menyampaikan bahwa pelatihan seperti ini hendaknya dilaksanakan secara berkala dan ditindaklanjuti dengan pendampingan agar tidak dilupakan begitu saja oleh guru. Tim berupaya mengakomodasi keinginan tersebut dengan menerapkan pendampingan di sekolah-sekolah sasaran agar hasil program pengabdian kepada masyarakat dapat member dampak signifikan bagi para guru sasaran (Afit).

Be Sociable, Share!

About the Author