Berkomitmen Tinggi, Berpacu dalam Berprestasi

Memperingati 34 tahun Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendididikan Matematika UAD kembali mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Matematika tingkat SMP se-DIY. Lomba ini berlangsung di […]

juara1Memperingati 34 tahun Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendididikan Matematika UAD kembali mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Matematika tingkat SMP se-DIY. Lomba ini berlangsung di Kampus 2 UAD, Jalan Pramuka 42, Sidikan Yogyakarta. Lomba ini diikuti sebanyak 23 tim (1 tim 3 orang).

Lomba terbagi menjadi dua babak, babak penyisihan dan babak final. Di babak penyisihan, peserta wajib mengerjakan 60 soal pilihan ganda dengan alokasi waktu 120 menit. Persentase materi yang diujikan adalah 60% kelas VIII, 30% kelas VII, dan 10% kelas IX. Di babak ini akan diambil urutan tiga teratas yang akan bertanding kembali di babak final. Tim yang berhasil lolos ke babak final adalah tim dari SMP N 1 Godean dan SMP N 4 Pakem.

Sekitar pukul 13.00 babak final dimulai. Hadir sebagai Juri, Roestien Puput Anggoro, S.Pd. dan Angga Dharma Prastya. Di babak final ini, peserta dihadapkan pada 3 bentuk soal, 5 soal wajib, 5 soal lemparan, dan 10 soal rebutan. Pada soal wajib dan lemparan, jika jawaban benar memperoleh nilai 100, jika salah 0. Pada soal rebutan, sistem penilaian yang digunakan adalah sistem bertingkat, hal ini bertujuan untuk menguji keberanian peserta dalam mengambil konsekuensi. Nomor 1 dan 2, jika jawaban benar nilai 100, salah -100; nomor 3 dan 4, jika benar nilai 200, jika salah -200; nomor 5 dan 6, jika benar 300, jika salah -300; begitu seterusnya. Pertandingan berlangsung sengit.

Lomba ini berhasil dimenangkan oleh SMP N 1 Godean (Naufal Dean Anugrah, Maryam Akhiriyah, Fahrizal Harits Hamam) sebagai juara 1 dengan perolehan score 1500, disusul oleh SMP N 4 Pakem regu B (Aflah Ariq Herindrawan, Muhamad Jaya Hadi Kusuma, Rifka Annisa Puspitasari) dengan score 1400 sebagai juara 2, dan sebagai juara 3 adalah SMP N 4 Pakem regu A (Renskyta Salasabilla Dilla, Nanda Vincensia, Aryasakti Wirasena). Acara berakhir pukul 15.00.

Be Sociable, Share!

About admin