Belajar Bersama Melalui Study Club

10173248_10201679305376213_795340688_nBelajar matematika seorang diri kadang-kadang membuat penat, apalagi jika tidak bisa menyelesaikan persoalan yang ada. Lebih nyaman apabila bisa berdiskusi bersama dan ada yang  memandu. Melalui pemikiran ini,  HMPS Pendidikan Matematika UAD berinisiatif mengadakan Study Club Matematika.

Study Club Matematika alias SC Matematika adalah kegiatan belajar bersama matematika yang biasanya dilaksanakan dua minggu sebelum menghadapi UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Kegiatan ini biasanya dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut, waktunya 18.30-21.00 WIB. Konsepnya adalah ada yang menjadi tentor (pengajar) yang berasal dari kakak tingkat yang berkompeten. Materi yang dibahas berkisar soal ujian tahun lalu dan membahas materi kuliah yang kurang paham. SC Matematika ini, hanya untuk semester 1 – 4. Untuk menghadapi UTS bulan April ini, SC Matematika telah dilaksanakan dari tanggal 2-5 Maret 2014.

“Kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan SC Matematika ini adalah mengenai waktu. Selama ini SC Matematika hanya bisa berlangsung pada malam hari, yaitu pukul 18.30 – 21.00. Hal ini karena terbatasnya ruang kuliah yang ada di UAD, sehingga penyelenggara kesusahan mencari ruang kosong pagi-sore hari, dan akhirnya SC hanya bisa dilaksanakan pada malam hari dan dampaknya mahasiswa yang bergabung tidak bisa maksimal,” tutur Ima selaku koordinator SC Matematika.

anisa wilujeng

Be Sociable, Share!

About admin